Kamis, 07 Juni 2012

Makanan Khas Cirebon, Mantttaappp!!!

Deskripsi singkat beberapa masakan khas kota Cirebon:
-          Empal Gentong        
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEaZAXqOx6wHJhyKxcqnfDvaORVqO9C3M_RTaprF1NHpye1IVxulpuyYhrduahnD1TBAEWA9B6qhiYbKMfT_qMBXCIfeRxRTH5s7HU_wjgM-qWovRVeggELOfdGUt9tme77rAvYOOz_nc/s320/empal.jpg                           pc1458451
Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.
Menu Andalan: daging, jeroan(babat, paru, usus) berkuah santan
Range Harga: Rp 5.000 - Rp 10.000

-         Nasi Lengko
800px-Sega_Lengko
Nasi lengko adalah nasi putih diatasnya ditaruh tempe goreng, tahu goreng, toge, kucai dan kecap apabila ingin pedas tinggal diberi sambel saja kemudian untuk menambah kenikmatan tersedia juga sate kambing muda dan krupuk putih.
Menu Andalan: nasi,tahu goreng, tempe goreng, toge, kucai disiram kecap dan tambahannya sate kambing
Range Harga: Rp 3.000 – Rp 10.000
-         Bubur Sop Ayam
2442487658_c164f9e0f4
Apabila selama ini bubur ayam disajikan tanpa kuah, tidak demikian di Cirebon. Kota yang dikenal dengan julukan Kota Udang, itu menawarkan bubur ayam berkuah bumbu rempah. Namanya bubur sup ayam.
Bubur sup ayam termasuk ke dalam satu dari sekian makanan khas Cirebon. Karena itu, kerap dicari wisatawan yang penasaran akan rasa dan tampilan bubur sop ayam.
Seperti halnya bubur, bahan dasar dan penyajian bubur sup ayam ala Cirebon, ini juga hampir sama. Bubur terbuat dari beras putih, lalu diberi bumbu berupa garam, penyedap, dan merica. Dalam penyajiannya dilengkapi potongan kol, mi soun, kentang rebus yang dipotong dadu, suwiran daging ayam, kedelai goreng, dan potongan daun bawang.
Sebagai pelengkap lain, ada kerupuk aci di atasnya. Biasanya, kerupuk aci berbahan udang yang disajikan dalam bubur sup ayam. Kerupuk tersebut langsung disiram kuah bumbu rempah.
Sementara untuk kuah, bahan-bahan yang ada berupa bumbu rempah seperti kayu manis, cengkeh, lengkuas dan bumbu rempah lainnya.  Tak heran, saat disantap, rempah-rempah itu langsung menghangatkan tubuh.
Karena itu pula, sebagian warga percaya jika bubur sup ayam juga bisa dijadikan obat untuk menjaga stamina tubuh. Apalagi bagi mereka yang kerap masuk angin, dengan seporsi bubur sop ayam, dijamin angin ngacir dan badan kembali fit.
Bubur sup ayam ini paling enak dinikmati malam. Karena itu, beberapa warung yang menawarkan bubur sup, hanya buka mulai petang dan baru tutup pada tengah malam.
Bubur sup ayam akan lebih nikmat jika diberi sambal. Atau bagi yang tak suka, dengan taburan merica lebih banyak juga akan terasa pedasnya. Selain itu, menambahkan kecap pada bubur sup ayam juga akan menambah selera makan. Sebab, bubur sop ayam akan terasa pedas manis. Satu porsi bubur sup ayam dihargai Rp 5.000 - Rp 10.000.
Tahu Gejrot
tahu-gejrot11
Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil.
Range Harga: Rp 3.000 – Rp 5.000
-         Bandrek
Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti sakit tenggorokan. Ada juga bandrék yang dikhususkan untuk orang dewasa karena efek panasnya.
Kepopuleran bandrék di Indonesia telah membuat minuman ini tersedia di pasaran dalam kemasan bubuk
instan berbagai merk. Tidak jarang versi instan ini dikombinasikan dengan kopi dalam kemasan tersebut.
Range Harga: Rp 2.000 – Rp 4.000

-         Skoteng
Sekoteng adalah minuman yang terbuat dari air jahe ditambahkan gula, kemudian untuk isi dari skoteng adalah irisan roti tawar, kacang tanah sangrai, kolang-kaling, dsb. Sekoteng berkhasian untuk penghangat badan, cocok diminum pada malam hari dan cuaca hujan.
Range Harga: Rp 3.000 – Rp 5.000


Dikutip Dari:






0 komentar:

Posting Komentar