Bahaya Merokok

Hidup sehat tanpa merokok.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Senin, 18 Juni 2012

SOSIALISASI PENGURANGAN DAMPAK BURUK NAPZA SUNTIK



Penyakit HIV/AIDS di Indonesia pertama kali ditemukan di Bali pada tahun 1987 dan kemudian meledak pada tahun 1993. Sampai bulan Maret 2005 angka nasional mencatat 6.789 kasus. Namun perkiraan nasional telah lebih dari angka tersebut. Penggunaan Jarum Suntik bergantian dari para pemakai narkoba suntik masih merupakan model penularan terbanyak (59,27%), disusul Hubungan Sex Heteroseksual (26,30%) serta mulai munculnya penularan dari Ibu ke Bayi (2,86%)

14 Ribu Remaja Indonesia Pengguna Narkoba



Akan jadi apa bangsa kita, jika para remajanya terkontaminasi narkoba
Remaja, katanya generasi penerus bangsa. Masalahnya, akan seperti apa nasib bangsa kita jika remajanya adalah pengguna narkoba.  Nah, sumber terbaru menyatakan, tercatat, 19 % dari jumlah remaja di Indonesia atau sekitar 14 ribu remaja, diindikasikan menjadi pengguna narkoba. Fenomena ini akan menjadi pertanda buruk bagi eksistensi bangsa, jika persoalan tersebut tak segera dicarikan solusinya. Pernyataan terbaru ini disampaikan Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono.

Sabtu, 09 Juni 2012

Usaha kerupuk rumahan hasilkan jutaan rupiah



Rabu, 22 Februari 2012 09:36 WIB | 2026 Views
http://img.antaranews.com/new/2011/02/small/20110221095736kerupuk190211-2.jpg
Kerupuk (FOTO ANTARA/Dedhez Anggara)
Jika di musim kemarau, permintaan kerupuk sangat rendah. Per hari hanya di kisaran satu kuintal dan bahkan terkadang tidak berproduksi sama sekali. Namun di musim hujan, permintaan per hari naik, rata-rata dua kuintal.
Warga Kampung Baktinegara Kecamatan Baradatu itu, Rabu, mengaku menekuni usaha tersebut sejak tahun 2003 dengan omzet kurang memuaskan pada awalnya. Namun saat ini, penghasilan yang didapatkannya kisaran Rp75 juta per bulan."Pada mulanya membuat dan memasarkan kerupuk bandung dan jangek buatan sendiri selama setahun," kata Ujang.
Pria kelahiran Jawa Barat tahun 1976 itu mengaku sempat mengalami kejenuhan pada tahun pertama berusaha sehingga pulang ke kampung halamannya dan mencurahkan perasaannya tersebut kepada orang tuanya.

Pengguna IDUS Rentan Tertular HIV


Populasi Berisiko
Estimasi
Populasi
Prevalensi
ODHA
Rendah
Tinggi
Rata-rata
Rendah
Tinggi
Rata-rata
Pop Rendah
Prev Tinggi
Pop Tinggi
Prev Rendah
Rata-rata
Pengguna Narkoba Suntik (Penasun) - Injecting Drug User (IDU)
680
890
790
29.01
52.67
39.24
258
358
310











http://www.bnn.go.id/portalbaru/portal/konten.php?nama=Kisah&op=index_kisah&page=1&mn=2&smn=b


Pikiran Rakyat April 20, 2004

Kelompok pengguna narkoba suntik (injection drug users/IDUs) merupakan kelompok yang memiliki risiko paling tinggi terhadap penularan HIV/AIDS. Mereka juga sekaligus sebagai penyumbang terbesar proses penyebaran penyakit itu di masyarakat.
Cepatnya penyebaran HIV/AIDS di antara mereka karena perilaku pengguna peralatan suntik secara bersama-sama dan penyebaran berlanjut pada pasangan seksnya, baik pasangan tetap maupun pasangan yang bergantian hingga penularan pada anak-anaknya, ungkap Direktur Yayasan Bahtera Bandung A. Hadi Utomo, Senin (19/4) di Kota Bandung.
Menurut dia, data estimasi nasional 2002, khususnya di Jawa Barat diperkirakan populasi pengguna narkoba suntik sebanyak 17.600 sampai 23.800 orang dengan prevalensi HIV di kalangan mereka mencapai 20-35%. Data dari Dinas Kesehaan Provinsi Jawa Barat menyebutkan bahwa sampai 2003, dari jumlah 432 kasus yang terjadi di kalangan IDUs, ditemukan sebanyak 191 kasus atau sebesar 31 persen IDUs di antaranya adalah HIV positif, katanya.

Permendiknas No 58 tahun 2009

Oleh bintangbangsaku (Rab, 05/05/2010 - 16:55)

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dalam perkembangannya, masyarakat telah menunjukkan kepedulian terhadap masalah pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini untuk usia 0 sampai dengan 6 tahun dengan berbagai jenis layanan sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang ada, baik dalam jalur pendidikan formal maupun non formal. Penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-Kanak (TK)/Raudhatul Atfal (RA) dan bentuk lain yang sederajat, yang menggunakan program untuk anak usia 4 – ≤ 6 tahun. Sedangkan penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk Taman Penitipan Anak (TPA) dan bentuk lain yang sederajat, yang menggunakan program untuk anak usia 0 – < 2 tahun, 2 – < 4 tahun, 4 – ≤ 6 tahun dan Program Pengasuhan untuk anak usia 0 - ≤ 6 tahun; Kelompok Bermain (KB) dan bentuk lain yang sederajat, menggunakan program untuk anak usia 2 – < 4 tahun dan 4 – ≤ 6 tahun.

Tentang Bahasa Indonesia




Bahasa Indonesia
adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau dari abad ke-19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Penamaan "Bahasa Indonesia" diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan.[5] Proses ini menyebabkan berbedanya Bahasa Indonesia saat ini dari varian bahasa Melayu yang digunakan di Riau maupun Semenanjung Malaya. Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.

Kamis, 07 Juni 2012

Tentang PLS UNY


JURUSAN/PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERITAS NEGERI YOGYAKARTA
Alamat : Kampus UNY Karangmalang Yogyakarta 55281 Telp. (0274) 586168 Psw 369
Terakreditasi B
(SK BAN PT No.033/BAN-PT/Ak-XIII-S1-012/2010

UNYBLOK

A. LATAR BELAKANG

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS)  pada awalnya terlahir dengan nama Program studiPendidikan Sosial (PS) pada tanggal 19 September 1955, saat ini  menjadi salah satu program studi  di lingkup Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, memfokuskan diri pada      kajian-kajian di luar sistem persekolahan, merujuk pada Undang-undang  No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional secara operasional   Program Studi Pendidikan Luar Sekolah diarahkan pada penyiapan tenaga PLS yang berkemampuan mengelola satuan pendidikan luar sekolah, memfasilitasi proses pembelajaran dan memperhatikan warga belajar dalam berbagai dimensinya, mengarahkan pada kepemilikan dan perkembangan intelegensi, kebutuhan belajar, keterampilan belajar, keterampilan fungsional, keterampilan wirausaha, serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional, dan kemandirian masyarakat.

Cerita Lucu

Isteri menanya suaminya: "Hari ini adalah hari ulang tahunku, kamu telah membelikan aku kado apa?"

Suaminya tersenyum-senyum sambil menunjukkan ke arah seberang jalan: "Sebuah mobil Benz warna merah di seberang itu kelihatan nggak?"

"Kelihatan!" jawabnya dengan girang.

"Aku telah membelikan kamu sebuah sikat gigi yang warnanya sama sekali sama dengan warna Benz itu."
Dikirim oleh: Peter Tan ~ May 29th, 2012

15 Tips Hidup Sehat



Ikutilah tips berikut ini untuk hidup sehat dan memiliki kualitas hidup yang baik, jalani hidup sehat mulai sekarang. Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Karena itu, jadikanlah hidup sehat optimal sebagai kebiasaan Anda sehari-hari. Bagaimana Caranya ! Ikuti tips berikut ini :
1. Cukupilah Kebutuhan Gizi Anda
2. Hindarilah LemaK Berbahaya
3. Janganlah pernah Lupa Sarapan
4. Makan Sayur dan Buah yang cukup
5. Minum Air Minimal 8 Gelas Sehari
6. Pertahankan Berat Badan yang Ideal
7. Olah raga yang teratur
8. Cukup Istirahat
9. Hindarilah Rokok dan Minuman Beralkohol
10. Selalu Berpikir Positif
11. Luangkanlah Waktu Untuk Diri Sendiri
12. Perhatikanlah Kebersihan
13. Periksakanlah Kesehatan Anda Secara Teratur
14. Untuk Sumber Makanan, Minuman dan Suplemen pilihlah Bahan Alami
15. Mengkonsumsi Suplemen Sesuai Kondisi dan Kebutuhan Tubuh

13 tips menjaga kesehatan gigi

Gak mau sakit Gigi kan shob ?, kalau ngomong soal yang satu ini saya kapok deh.  Maklum dulu gue sering menjadi korban sakit gigi sewaktu gue masih bersekolah dasar. Hal ini terjadi karena mengkonsumsi makanan yang bisa merusak gigi dan jarang menggosok gigi. Maklum dulu masih kecil , kerjaannya main terus.
Mempunyai gigi putih juga bisa buat bangga shob..Namun jangan sampai sakit gigi, bisa-bisa seharian murung terus mukanya dan sakit bgt rasanya shob.

Naik Motor BMW, Pria Ereksi 20 Bulan


Liputan 6Liputan 6 – Sen, 30 Apr 2012
Konten Terkait
Naik Motor BMW, Pria Ereksi 20 Bulan
Naik Motor BMW, Pria Ereksi 20 Bulan
Liputan6.com, California: Seorang pria asal California menuntut pihak BMW Amerika Utara dan sebuah perusahaan pembuat jok. Bukan tanpa alasan, pria tersebut menuntut karena ia mengalami ereksi selama 20 bulan setelah mengendarai motor BMW klasiknya yang diproduksi tahun 1993 selama empat jam.
Penyakit ereksi tersebut merupakan kasus yang parah dari Priapisme (atau ereksi yang super lama). Hal ini pun menimbulkan kekhawatiran tentang sempitnya jok motor yang bisa menyebabkan kerusakan pada alat kelamin untuk pria dan wanita. Kasus ini juga merupakan laporan pertama yang dianggap berlebihan.
Gugatan jenis produk untuk BMW dan perusahaan jok ternama Corbin-Pasifik (yang dilaporkan pertama kali oleh Layanan Berita Pengadilan di California) dilayangkan ke Pengadilan Tinggi California di San Francisco, Kamis pekan lalu, oleh Henry Wolf dan pengacaranya Vernon Bradley dari Sausalito.
Kasus Wolf vs BMW ini berawal sejak Wolf mengeluh menderita masalah ereksi pada September 2010, dan seperti yang kita tahu dari iklan Viagra, jika ereksi melebihi empat jam itu adalah masalah.
Gugatan itu juga menuliskan bahwa Wolf saat ini tidak mampu untuk terlibat aktivitas seksual, yang menyebabkan ia menderita secara emosional dan mental yang substansial. Menurut gugatan itu, Wolf ingin kompensasi dari BMW dan Corbin untuk kerugian seperti biaya pengobatan, gangguan emosi dan "kerusakan" pada kelaminnya. (USAToday/JAY/MEL)

Hilangnya Ideologi Pancasila di Kalangan Remaja




Melemahnya kekuatan Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa terjadi kepada kelompok mahasiswa. Kaum muda yang diharapkan menjadi penerus kepemimpinan bangsa ternyata abai dengan Pancasila. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Indonesia M Danial Nafis pada penutupan Kongres I GMPI di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (3/3).Mengutip survei yang dilakukan aktivis gerakan nasionalis pada 2006, sebanyak 80 persen mahasiswa memilih syariah sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara. Sebanyak 15,5 persen responden memilih aliran sosialisme dengan berbagai varian sebagai acuan hidup. “Hanya 4,5 persen responden yang masih memandang Pancasila tetap layak sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara,” katanya. Penelitian itu dilakukan di Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya. Perguruan-perguruan tinggi tersebut selama ini dikenal sebagai basis gerakan politik di Indonesia.
Danial menilai survei tersebut menunjukkan kondisi riil di perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Kondisi ini menunjukkan semakin rendahnya semangat nasionalisme di kalangan generasi penerus bangsa.  “Banyak generasi muda yang lupa isi harfiah Pancasila. Apalagi mengerti Pancasila secara maknawi?” lanjutnya.Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso menambahkan, nilai Pancasila yang digali para pendiri bangsa masih sangat relevan dengan kondisi kekinian. Sikap alergi sebagian anak bangsa dengan Pancasila dapat menjadi pemicu disintegrasi bangsa. http://www.kompas.co.id/kompascetak/read.php?cnt=.xml.2008.03.04.02121113

Generasi Muda dan Eksistensi Pancasila

PANCASILA mestinya tak pernah lekang dari generasi ke generasi Indonesia. Sebab, dia telah dijadikan lambang negara, Garuda Pancasila. Kalau anak-anak bangsa didorong untuk mengenal lambang negara, Garuda Pancasila akan selalu melekat dalam ingatan, di mana pun mereka berada.
Selain mengingat, persoalan berikutnya adalah memahami. Tentu dimulai dengan menjelaskan pertanyaan mengenai lima gambar yang terpampang di dada burung Garuda. Itulah Pancasila. Berikutnya, pastilah pertanyaan tentang apa itu Pancasila? Ternyata, tak cukup dengan menyebut urut-urutan kelima sila berikut maknanya. Masih ada pertanyaan lain. Bagaimana mengimplementasikannya atau mengaktualisasikannya? Ini pun bukan yang terakhir Kita masih harus menunjuk lagi segala sesuatu yang boleh diklaim sebagai produk dari puluhan tahun bangsa ini mengimplementasikan kelima sila Pancasila
Sejak masih di sekolah dasar, generasi terdahulu sudah diperkenalkan pada Pancasila, termasuk makna dan wujud nyata implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila adalah dasar negara yang menjadi filosofi atau way ol life hidup kebangsaan kita. Kewajiban kita untuk menjaga eksistensinya agar Pancasila selalu menjadi pegangan anak-anak kita, kini dan di masa depan. Kita harus jelaskan bahwa produk Pancasila yang tetap terjaga hingga kini adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Chevron Pacific Indonesia



Logo Chevron
Kantor pusat
            Chevron Pacific Indonesia (CPI) adalah anak perusahaan dari Chevron yang bertugas mengeksplorasi minyak yang ada di Riau. Sebelum diambil alih oleh Chevron, perusahaan ini bernama Caltex Pacific Indonesia. Para karyawan CPI ditempatkan di 4 kota di Riau yaitu Dumai, Duri, Minas dan Rumbai. CPI juga merupakan perusahaan minyak kontraktor terbesar di Indonesia, dengan produksi sudah mencapai 2 miliar barrel.

Mengenal Raditya Dika



Raditya Dika
Raditya Dika 2.jpg
Nama lahir
Raditya Dika
Lahir
Pekerjaan
Tahun aktif
2005 – sekarang
Situs resmi
Raditya Dika (Dika Angkasaputra Moerwani) (lahir di Jakarta, 28 Desember1984; umur 27 tahun), akrab dipanggil Radith, adalah seorang penulis asal Indonesia. Di Indonesia, Raditya Dika dikenal sebagai penulis buku-buku jenaka. Tulisan-tulisan itu berasal dari blog pribadinya yang kemudian dibukukan. Buku pertamanya berjudul Kambing Jantan masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan Dikung (Raditya Dika) saat kuliah di Australia. Tulisan Radith bisa digolongkan sebagai genre baru.[rujukan?] Kala ia merilis buku pertamanya tersebut, memang belum banyak yang masuk ke dunia tulisan komedi. Apalagi bergaya diari pribadi (personal essay).

Apa itu NAPZA



Pengertian dan jenis-jenis NAPZA
1.      Pengertian NAPZA
NAPZA adalah singkatan dari Narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Kata lain yang sering dipakai adalah NARKOBA (narkotika, psikotropika, dan bahan-bahan berbahaya lainnya)

2.      Jenis-jenis NAPZA
NAPZA digolongkan menjadi 3 golongan yaitu narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

a.      Narkotika
Menurut UU RI No 22 / 1997, Narkotika adalah: zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Narkotika terdiri dari 3 golongan :
1.      Golongan I : Narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan.   Contoh: Heroin, Kokain, Ganja.
2.      Golongan II : Narkotika yang berkhasiat pengobatan, digunakan sebagai pilihan terakhir dan dapat digunakan dalam terapi dan / atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan. Contoh : Morfin, Petidin.
3.      Golongan III : Narkotika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan / atau tujuan pengebangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan. Contoh : Codein.

Adrian Martadinata – Ajari Aku

Adrian Martadinata – Ajari Aku

[intro] C 2X 

C          F     
Ajari aku `tuk bisa 
G                   C 
Menjadi yang engkau cinta 
Am           F        C 
Agar ku bisa memiliki rasa 
  F               Dm        G      C 
Yang luar biasa untukku dan untukmu 


C               F  
Ku harap engkau mengerti 
G                  C 
Akan semua yang ku pinta 
Am                F        C 
Karena kau cahaya hidupku, malamku 
F                Dm        G      C 
tuk terangi jalan ku yang berliku 

[int] C F G C 3x 

[chorus] 
C             F 
Hanya engkau yang bisa 
G             C 
Hanya engkau yang tahu 
Am            F            G            C 
Hanya engkau yang mengerti, semua inginku 

C F G C (2x) 
[ajari aku `tuk bisa mencintaimu] 
[ajari aku `tuk bisa mengerti kamu] 


F                C                 F     G 
Mungkinkah semua akan terjadi pada diriku 
C            F         G      
Hanya engkau yang tahu 
C              F     G        C 
Ajari aku `tuk bisa mencintaimu

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


resume oleh: Noor fitrihana
A. PENGERTIAN
Psikologi perkembangan merupakan cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati.
B. TEORI PERKEMBANGAN
4 pendekatan perkembangan meliputi : Kognitif, Belajar lingkungan, Etologi dan Imam Al Ghazali.
1. Pendekatan kognitif
a. Model dari Piaget
1. Sensomotoris 1-2 tahun pengetahuan dengan interaksi fisik
2. Praoperasional 2 – 6 tahun menggunakan symbol-simbol
3. Operasi konkret 6-11 tahun memecahkan masalah secara logis
4. Operasi formal 11tahun operasi mental tingkat tinggi
b. Model pemrosesan informasi
Input (lingkungan dan rangsangan) Proses (mengolah dan menyusun informasi) output (tingkah laku)
c. Model Kognisi sosial —-kebudayaan menentukan perkembangan
2. Pendekatan belajar atau lingkungan
Perubahan tingkah lagu karena proses pengkondisian dan pembelajaran,
Skinner membagi dua
  1. Respondent Behavior : adanya tingkah laku karena reflek akibat adanya rangsangan dapat berupa respon fisik dan respon emosional.
  2. Operand Behavior : tingka laku sukarela krena dampak atau konsekuensi. Yang baik menyenangkan akan cenderung diulang dn yan tidak menyenangkan ditinggal.
3. Pendekatan etologi
Tingkah laku muncul karena bawaan (genetis)
4. Pendekatan Imam Al Gazhali
C. CIRI- CIRI PERKEMBANGAN
- Menghalami perubahan fisik dan psikis
- Perubahan proporsi fisik dan psikis
- Hilangnya tanda-tanda lama fisik dan psikis
- Timbulnya tanda tanda baru aspek fisik dan psikis
D. PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
- Perkembangan proses yang tidak pernah berhenti
- Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi
- Perkembangan mengikuti pola dan arah tertentu
- Perkembangan terjadi dalam tempo berlainan
- Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas
- Setiap individu yang normal mengalami fase perkembangan
Arah perkembangan menurut Yelon dan Weinstein
  1. Cephalocaudal 7 proximal distal: Dari kepala ke kaki (Cepphlocaudal)
Dari tengan ke pinggir (proximal distal)
  1. Struktur mendahului fungsi
E. FASE PERKEMBANGAN
Fase perkembangan menurut Freud :
1. Fase oral : 0 – 1 tahun (terfokus pada fungsi mulut)
2. Fase anal : 1 -3 tahun terfokus fungsi eliminatif (pembuangan kotoran)
3. Fase Phalis : 3 – 5 tahun
4. Fase latent : 5 – 12/13 tahun
5. Fase pubertas : 12.13 tahun – 20 tahn
6. Fase genetal : kematangan
a. Analisis Biologis
1) Aristoteles
Tahap I : 0 – 7 tahun masa anak kecil/bermain
Tahap II : 7 – 14 tahun masa anak/masa sekolah rendah
Tahap III : 14-21 tahun remaja/pubertas (peralihan anak menjadi dewasa)
2) Krestmer
Tahap I : 0 – 3 tahun masa fulung (pengisian) tampak pendek & gemuk
Tahap II : 3- 7 tahun masa Streckung (rentangan) tampak langsing & panjang
Tahap III : 7-13 tahun Fulung II tampak pendek dan gemuk
Tahap IV : 13-20 tahun Streckung tampak langsing
3) Elizabeth Hurlock
Tahap I : konsepsi/Prenatal, 280 hari dalam kandungan
Tahap II : 10 – 14 hari masa orok/infancy
Tahap III : 2 minggu – 2tahun Babyhood
Tahap IV : 2 – 11 Childhood
Tahap V : 11-21tahun masa Adolesence/ puberty, 11-13 pre adolescence,16-17 tahun early adolescence, late adolescence
b. Bedasar didaktis
1) Commenius
Tahap I : 0 – 6 tahun scola materna (sekolah ibu)
Tahap II : 6-12 tahun scola vernaculan (sekolah bahasa ibu)
Tahap III : 12-18 tahun scola latina (sekolah latin)
Tahap IV : 18-24 akademika
2) Rosssesau
Tahap I : 0 – 2 tahun usia asuhan
Tahap II : 2-12 tahun masa pendidikan jasamni dan panca indera
Tahap III : 12-15 tahun pendidikan akal
Tahap IV : 15-20 tahun pendidikan watak dan agama
c. Berdasar psikologis
1. Masa kegoncangan 1 : 4 tahun
2. Masa Kegoncangan 2 : 17 tahun
Dari 2 masa tersebut dijabarkan
- masa kanak-kanak 0-4
- masa keserasion sekolah 4 – 17
- masa kematangan >17.
Fase perkembangan kaitannya dengan proses belajar mengajar
- Masa pra sekolah : 0 – 6 tahun (masa vital(Freud :masa oral)& masa estetik
- Masa sekolah dasar : 6 – 12 tahun (masa kelas rendah dan kelas tinggi)
- Masa sekolah menengah : 12 – 18 tahun( pra remaja dan remaja)
- Masa Mahasiswa : 18 – 25 tahun (remaja akhir-dewasa)
F. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI PERKEMBANGAN
1. Keturunan
2. Lingkungan ( fungsi Keluarga, hubungan orang tua, social ekonomi , sekolah/pendidikan, dan teman sebaya)
G. TUGAS-TUGAS PERKEMBAGAN
1. Tugas perkembangan pada usia bayi dan kanak-kanak 0- 6 tahun
Belajar : berjalan, berbicara, makan, mengenal perbedaan pria wanita, kestabilan jasmani ,memebentuk konsep, hubungan emosional dengan orang tua, mengadakan hubungan baik dan buruk
2. Tugas perkembangan pada masa sekolah 6 – 12 tahun
Belajar: ketrampilan fisik, sikap sehat, bergaul, eksistensi diri, membaca, menulis,berhitung, mengembangkan konsep sehari-hari, mengembangkan kata hati, memperoleh kebebasan pribadi, mengembangkan sikap positif terhadp kelompok sosisal
3. Tugas perkembangan masa remaja
Menurut Wiliam Kay
- Menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya
- Mencapai kemandirian emosional
- Belajar bergaul secara individula dan kelompok (komunikasi minterpersonal)
- Menemukan idola
- Menerima keadaan dirinya dan percaya diri
- Memperkuat pengendalian diri
- Mampu meninggalkan sifat kekanak-kanakan
Menurut Luella Cole
- Kematangan emosional
- Pemantapan minat heteroseksual
- Kematangan sosial
- Rmansipasi dari kontrol keluarga
- Memilih pekerjaan/karir
- Menggunakan waktu senggang secara tepat
- Memiliki filsafat hidup
- Identifikasi diri
menurut Havigrus
- Mencapai hubungan lebih matang dengan teman sebaya
- Mencapai peran sosial wanita atau pria
- Menerima keadaan fisik dan menggunkan secara efektif
- Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
- Mencapai jaminan kemandirian ekonomi
- Memilih dan mempersiapkan karir
- Mempersipakan pernikahan dan hidup keluarga
- Mengembangkan ketrampilan intelektual
- Mencapai tingkah laku yang bertangung jawab secara sosial
- Memperoleh seperangkat nilai dan norma dalam bertingkah laku
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
H. PERAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TUGAS PERKEMBANGAN
  1. Pencapaian tugas perkembangan melalui kelompok teman sebaya
  2. Mencapai perkembangan kemandirian pribadi
  3. Pengembangan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME

I. ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN
  1. Perkembangan Fisik (Syaraf, Otot, Kelenjar Endokrin, Struktur fisik )
  2. Perkembangan Intelegensi
  3. Perkembangan Emosi
  4. Perkembangan Bahasa
  5. Perkembangan Sosial
  6. Perkembangan Kepribadian
  7. Perkembangan Moral
  8. Perkembangan Kesadaran beragama
J. TIPOLOGI KEPRIBADIAN
a. Tipologi physis
1. Hipocrates – Galenus
- Sangui (darah) ”Sanguinis” :ekspansif, lincah, riang, tidak mudah putus asa, murah senyum dll . Filosofi api : panas
- Flegma(lympha) ”Flegmatis” : plastis, tenang, dingin, sabar, tidak mudah terpengaruh dll. Filosofi udara : dingin
- Choleri (empedu kuning)” Choleris” : garang, lekas marah, mudah tersinggung, pendendam, serius dll. Filosofi tanah :kering
- Melanchole (empedu hitam) “melancholis”: Kaku, muram penakut, pesimis dll. Filosofi air : basah.
2. Menurut Sigaud
- Motorik “muskuler” : badanya serba panjang,berspir dan bersudut
- Pernafasan”respiratoris”: wajah lebar dan dada membusung
- Pencernaan “digestif”: perut besar dan pinggangnya lebar
- Susunan syaraf sentral “ sebral” : langsing, tulang tengkoraknya atas lebar
3. Menurut Kretschmer
jasmani
- Piknis : badan serba bulat, pendek, gendut, bundar, berlemak, dada berisi
- Asthenis : badan langsing, serba panjang, dada rata, kepala kecil, wajah sempit
- Atletis : campuran piknis dan asthenis
- Desplastis : bentuk badan tinggi dan besar atau kecil dan pendek
Psikis
- Schizothim (sukar bergaul, egoistis, tidak banyak kawan)
- Cylothim (mudah bergaul, banyak teman)
4. Menurut Wiliam Sheldon
struktur fisik
- komponen jasmani primer
Endomorphhy : gemuk, lembut berat badan rendah
Mesomorphy : kokoh kuat ototnya bersegi segi dan tahan saki
Ectomorphy : jangkung, dada pipih, ototnya tida kelihatan
- komponen jasamani sekunder
Dysplasia : ketidak selarasan bentuk tubuh
Gynandromorphy : tubuh lembut, pinggul besar dan sifat kewanitaan
Texture : tampan
Analisa kepribadian
Viscertonia : rileks, suka hiburan, gemar makan-makan,membutuhkan orang lain, tidurnya nyenyak (ekstrovet)
Somatotonia: gagah, perkasa, terus terang,kebutuhan geraknya besar
Cerebrotonia : ragu-ragu, kurang gagah, reaksinya cepat, tidak berani bicara di depan umum, suka mengasingkan diri (introvet)
b. Tipologi Psikhis
1. Heymans
- Emosional : cepat memihak, fantasinya kuat, mudah marah, senang sensasi
- Aktivitas : suka bekerja, mudah bertindak, banyak hobi, tidak mudah putus asa,
- Fungsi sekunder : betah dirumah, taat adat, setia, konsekwen, besar berterima kasih
2, Ewald
- Penerimaan rangsang
- Penyimpan kesan
- Pengolahan rangsang
- Reaksi balik dari rangsang
3. Tipologi George Kerchenteiner
- Kekuatan kemauan
- Katajaman pendapat
- Kepekaan yang halus dalam perasaan
- Aufwulbarkait (lama mendalami getaran jiwa)
4. Tipologi Plato
- Fikiran kedudukan di kepala sumber kebijaksanaan
- Kemauan kedudukan di dada sumber keberanian
- Perasaan, kedudukan dalam tubuh bagian bawah sumber menahan hawa nafsu
5. Tipologi Querrat
- Cognisi (mengenal) ”ahli fikir”
- Emosi (merasa) ”ahli rasa”
- Conasi (menghendaki) ” ahli bertindak”
c. Tipologi Budaya
1. Riesman
- Kepribadian ditentukan Tradisi
- kepribadian dipimpin Rohaninya
- kepribadian ditentukan atas norma yang dikemukakan orang lain
2. E. Spranger
- Ekonomi : suka bekerja, agak kikir, mencari dan bangga dengan harta
- Politik: ingin berkuasa, menguasai orang lain, tidak mencintai kebenaran
- Sosial : senang berkorban, pandai bergaul
- Ilmu Pengetahuan : senang membaca, serba ingin tahu, gemar berfikir
- Kesenian : gemar mencipta , senang keindahan, hidup bersahaja
- Agama : senang memuja, hidupnya untuk Tuhan dan akhirat
3. W dan E Yaensash
Dasar penggolongan
- Geologis
- Tubuh
sehingga dibedakan 2 tipe kepribadian :
- Tetanoide : muka pucat, selalu sedih, matanya kecil, pendiam, segala sesuatu dipandang berat
- Basedowide : wajah mudah berubah, mukanya lebar, mudah bergaul, matanya hidup, banyak berpendapat